Recent Posts

Tuesday, January 21, 2014

Apa Alasanmu Menggunakan Komputer?

Pertanyaan seperti ini sering kali terlintas dibenak saya, untuk saya pribadi dari pengalaman pas zaman sekolah dan tempat kerja hal yang paling banyak digunakan biasanya untuk kegiatan administrasi dengan kata lain penggunaan software yang paling banyak digunakan adalah aplikasi office. kecuali untuk sekolah jurusan IT atau bidang pekerjaan dibidang khusus seperti periklanan,web designer, jaringan,dsb, yang memerlukan aplikasi khusus.

Namun pada kenyataannya saat ini hal yang paling banyak dilakukan dengan komputer adalah ngenet. Bentuknya macem2 ada yang mencari informasi, chating, beraktifitas di sosial media, jualan, sampe ngegame online juga bisa dilakukan dalam aktifitas ngenet ini. Game offline juga menjadi salah satu penyumbang terbesar penggunaan komputer.

Jadi secara garis besar penggunaan utama komputer dapat dibagi menjadi beberapa hal :
  1. Dapat digunakan untuk aplikasi office
  2. Dapat dihubungkan dengan printer
  3. Dapat terhubung dengan jaringan internet/lan
Sedangkan fungsi tambahan yang paling banyak digunakan :
  1. Pemutar multimedia
  2. Aplikasi design grafis
Tetapi pada kenyataannya kebanyakan orang lebih mementingkan unsur "tampilan" dan "gengsi" dari setiap OS dibandingkan dengan fungsi-fungsinya. Dalam hal penggunaan OS banyak yang termakan isu yang menyatakan bahwa OS gratisan seperti linux itu susah, apa-apa harus pake terminal, dikit-dikit download. Padahal linux saat ini sudah banyak mengalami perubahan, banyak distrolinux yang memiliki tampilan lebih keren dari OS berbayar, linux sekarang juga banyak yg sudah tinggal klik sana klik sini, driver langsung terdeteksi, setting koneksi internet juga lebih mudah. 

Kalo LEBAH LINUX dari segi tampilan biasa-biasa saja sih malah cenderung lebih sederhana dari saudara linuxnya yang lain hehehe, yang penting dapat memenuhi semua fungsi utama dan beberapa fungsi tambahan. :D


0 comments:

Post a Comment