Recent Posts

Friday, January 31, 2014

Maktabah Alkirtasse (Maktabah Syamilah untuk LINUX)

Lama ga posting nih, setelah beberapa hari disibukan dengan rutinitas sehari-hari, akhirnya bisa juga update LEBAH LINUX. Kali ini saya berhasil menambahkan Software Maktabah AlKirtasse yaitu software Maktabah Syamilah untuk linux. Ide untuk menambahkan software ini karena tadi saya teringat percakapan saya dengan salah seorang paman saya yang terjadi sekitar 2 atau 3 tahun lalu, ketika saya bertanya kepada beliau "adakah rencana untuk menggunakan LINUX ?" saat itu paman saya menjawab "kayaknya belum dulu soalnya di linux belum bisa buka Maktabah Syamilah, sedangkan saya sangat memerlukannya" . Oleh karena itu langsung saya buka om google untuk mencari cara untuk menginstal Maktabah Syamillah di LINUX dengan wine, eh malah nemu versi LINUXnya,jadi ga usah pake wine pun bisa jalan di LINUX.

 Maktabah Alkirtasse memiliki lebih dari 1900 buku dan masi bisa kita tambahkan sendiri. Elkirtasse memiliki kelebihan :
  • Adanya fasilitas newtab, memudahkan pengguna dalam mengakses kitab-kitab yang akan dibaca
  • Anda bisa mengubah warna-warna pada maktabah Elkirtasse
  • Anda bisa langsung mencetak tanpa perlu copas ke text editor.
  • Anda juga misa mengubah font sesuka hati anda
  • Kemampuan menyimpan kitab-kitab ke format .odf, .pdf, dan .html
  • Lebih mudah dalam search engine kitab-kitab (berdasarkan kitab atau topik)
  • Anda bisa menghilangkan dan menimbulkan harakat pada kitab-kitab yang anda baca
  • Tampilan lebih nyaman dan enak dipandang
  • Anda bisa menambahkan kitab-kitab yang kurang
  • Bila ada kitab yang salah, anda dapat mengedit kitab tersebut
  • Anda juga bisa menghapus kitab yang ingin anda hapus
  • Bisa mengimport buku dari maktabah syamilah dengan format .bok atau .mdb
Berikut ini tampilan Maktabah Elkirtasse di LEBAH LINUX :






Penginstallan baru dilakukan pada softwarenya saja, untuk bukunya sedang dalam tahap pendownloadan hehehehe. Saya juga lagi nyari tetangga yang pinter bahasa arab buat pilihan downloadnya soalnya saya belum bisa bahasa arab (hik...hik... sedih...).


2 comments:

cara instalasinya dimana Om?

Bagi yang menggunakan Arch Linux atau derivatifnya (Manjaro, Arco, dll), saya sudah sediakan AUR Package-nya https://aur.archlinux.org/packages/elkirtasse-bin/

Bagi pengguna Manjaro, langsung bisa install dengan command “pamac install elkirtasse-bin” (pastikan AUR-nya sudah aktif di pamac). Bagi pengguna AUR Helper seperti yay, bisa install dengan command “yay -S elkirtasse-bin”

Jika ada kendala, bisa hubungi saya di Instagram @mochnaufals (‘afwan, saya aktifnya hanya di Instagram)

Baarakallahu Fiikum.

Post a Comment